Rusdi : 7. 500 Relawan Segera Disebar ke seluruh desa

BPBD Provinsi- Dalam Rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2019, Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPD) Jakarta menggelar bimbingan teknis srikandi siaga bencana dengn tema perempuan menjadi guru siaga bencana dan rumah menjadi sekolahnya.

Kegiatan yang dilaksana di Kabupaten Bengkulu Utara ini dibuka oleh Bupati Bengkulu Utara Ir. Mian dan dihadiri langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu Drs. Rusdi, M.Pd dan Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Ir. B. Wisnu Widjaja, M.Sc. 

Dalam sambutannya Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu, Drs. Rusdi, M.Pd mengatakan selain bimbingan teknis untuk srikandi, dalam waktu dekat juga akan dibentuknya relawan siaga bencana untuk se-Provinsi Bengkulu.  

“Kita akan segera membentuk relawan siaga bencana sebanyak 7.500 orang yang akan disebar ke seluruh desa se-Provinsi Bengkulu, hal ini dilakukan agar pra bencana dan pasca bencana kita selalu siaga, dan ini juga menjadi salah satu konsen pak Gubernur kita,” ungkap Rusdi.

Materi juga disampaikan oleh Kepala Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Ir. B. Wisnu , Widjaja, M.Sc bahwa bencana terjadi secara tiba-tiba dan wanita adalah korban yang paling banyak. “Para wanita itu merupakan pelindung  dan ratu di rumah, dari beberapa bencana yang terjadi wanita dan anak adalah korban yang paling banyak. Untuk itu perlu diberikan kesadaran dan pelatihan para wanita dan ibu-ibu agar jika terjadi bencana mereka dapat siaga dan tanggap,” jelas Wisnu. (Sep-BPBDProv)