Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) siaga 24 jam tanggap bencana banjir dan longsor sejak 27 April 2019 di Provinsi Bengkulu . Adapun daerah yang terkena bencana banjir dan longsor, yakni Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan, Kepahiang, Rejang Lebong, Lebong, Bengkulu Utara dan Kaur.  

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Provinsi Bengkulu Drs. Rusdi Bakar, M.Pd mengatakan hingga saat ini telah tersedia 11 posko dan dapur umum di beberapa titik banjir dan longsor, diantaranya di Kota Bengkulu Perumahan Korpri Bentiring, Tanjung Agung, Sukamerindu, Rawa Makmur, di Bengkulu Selatan di Desa Ketaping Kecamatan Manna.

“Posko dan dapur umum ini bekerja sama antara Polri, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Lanal, BPBD kabupaten/kota dan instansi lainnya yang berkaitan dengan kebencanaan. Karena kami siap siaga menghadapi banjir dan longsor yang saat ini terjadi di Provinsi Bengkulu,” jelas Rusdi.

Sementara itu untuk dapur umum yang tersedia di Kota Bengkulu baik yang didirikan oleh Dinas Sosial maupun BPBD telah menyuplai makanan untuk korban banjir. Seperti di Perumahan Korpri Kota Bengkulu tim BPBD Provinsi Bengkulu telah menyalurkan hingga 1000 nasi bungkus untuk warga yang terkena banjir di kawasan tersebut.

“Kita berusaha semaksimal mungkin agar korban banjir tidak kekurangan makan. Kami juga  mengimbau untuk seluruh masyarakat Bengkulu yang ingin memberikan bantuan dapat mengantarkannya ke Posko Tanggap Bencana di BPBD Provinsi, baik semabako maupun makanan masak. Ini bencana kita bersama,” ungkap Rusdi.

Daftar Posko Untuk Banjir/Longsor se-Provinsi Bengkulu

Lokasi PoskoKetua Posko
Tanjung  AgungDinsos Provinsi Bengkulu
Korpri RT 14                    LANAL
Korpri  9, 10, 11                 BPBD Provinsi Bengkulu
Jembatan Tj. Jaya          ACT, Dinsos Provinsi
SukamerinduBPBD Kota
Kp. Kelawi                      Dinsos Kota
Sawah LebarDinsos Kota
Masjid SemarangDokkes POLDA
Karang Tinggi BentengPOLDA
Ds. Ketaping Kec. MannaBPBD Bengkulu Selatan
Rawa MakmurBPBD Kota