Himbauan untuk masyarakat yang berada di lokasi banjir untuk berhati-hati,  terutama menjaga anak-anak untuk tidak bermain di lokasi yang terendam air. Selain itu, masyarakat jangan mempercayai berita hoaks yang beredar mengenai informasi korban banjir dan lokasi banjir.

Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah langsung meninjau lokasi banjir dan melayat ke rumah korban meninggal di Kelurahan Sawah Lebar Baru. Gubernur mengimbau agar anak-anak tidak bermain di lokasi banjir, karena telah ada korban jiwa.  

“Yang perlu dihimbau agar masyarakat harus tetap siaga terus, termasuk menjaga anak-anak untuk tidak bermain di lokasi banjir. Karena ini sangat berbahaya dan sudah menelan korban jiwa,” imbau Gubernur.

Kepala BPBD Provinsi Bengkulu Drs. Rusdi Bakar, M.Pd menambahkan agar masyarakat  tidak mempercayai berita hoaks yang beredar di media sosial. Baik itu berita mengenai keadaan korban dan lokasi terjadinya banjir dan longsor.“Jangan percaya berita hoaks di media sosial, karena sekarang beredar kabar yang membuat konsdisi tidak kondusif mengenai kejadian banjir dan longsor. Jangan khawatir Tim kami BPBD Provinsi, Kabupaten/Kota, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan instansi terkait lainnya telah turun ke lapangan menangani banjir dan lonsor ini,” jelas Rusdi.

Gubernur Bengkulu Drs. Rohidin Mersyah didampingi Kalak BPBD Provinsi dan rombongan meninjau lokasi banjir