Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjend. Doni Monardo menegaskan kabupaten/kota untuk segera melaporkan jumlah kebutuhan alat berat serta lokasi penempatan alat tersebut, sehingga peralatan dapat segera disiapkan. 

“Hubungi BUMN dan perusahaan yang memiliki alat berat. Karena sudah menjadi instruksi Presiden jika terjadi bencana, alat berat yang ada di BUMN wajib diperbantukan untuk bencana”.

Letjend. Doni Monardo kembali menegaskan pihak yang menghalangi penindakan mengenai bencana merupakan tindakan melanggar undang umdang dan dapat dipidana.

“Termasuk pihak-pihak yang menghalangi penyaluran bantuan, ini bisa dipidana,” tegas Letjend. Doni Monardo.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu, Rusdi Bakar mengatakan hingga saat ini sudah banyak BUMN yang menghubungi untuk siap menyalurkan alat berat.

“Kita sudah koordinasi dengan kabupaten/kota untuk melaporkan kebutuhan alat berat di lokasi bencana. BUMN dan perusahaan yang punya alat berat sudah menyatakan siap memberikan bantuan pinjaman alat beratnya, datanya siap, alat berat juga siap disalurkan” ungkap Rusdi Bakar. 

Rapat Kepala BNPB Letjend. Doni Monardo rapat bersama Kalak BPBD Kota/Kabupaten