Sebanyak 33 orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) jurusan Kesehatan Masyarakat melakukan studi lapangan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu pada Kamis (27/6). Kedatangan mahasiswa ini langsung disambut oleh Kepala Bidang Logistik Aidil Fitriansyah, S.Psi, M.Si didampingi Kasubbid Logistik Zukriadi, STP dan Kasubbid Peralatan Yansari, SH. 

“Saat ini masalah kebencanaan sudah menjadi kurikulum mata kuliah di universitas, dan memang sudah selayaknya ada pengenalan bagaimana bentuk persiapan kebencanaan kita seperti logistik dan peralatan menghadapi bencana,” jelas Kabid Logistik Aidil Fitriansyah.

Aidil menambahkan, masalah kebencanaan memang sudah selayaknya menjadi prioritas semua pihak, mengingat Bengkulu masuk zona rawan bencana, sehingga kebencanaan ini sudah menjadi tanggung jawab semua pihak. 

“Kami di BPBD intinya siap untuk menerima mahasiswa maupun pihak manapun yang ingin mengetahui mengenai kebencanaan, seperti informasi pra bencana, saat terjadi bencana atau tanggap darurat hingga pada proses pasca bencana rehabilitasi rekonstruksi dan kebutuhan logistik serta peralatan kebencanaan dan fungsinya,” jelas Aidil.  

Dalam kunjungannya mahasiswa UMB diajak melihat bentuk barang logistik yang tersedia di gudang penyimpanan kantor BPBD Provinsi di km 7,5. Kemudian ditunjukkan peralatan perlengkapi menghadapi bencana, mulai dari mobil dapur umum, mobil informasi, WC portabel, perahu karet dan peralatan kebencanaan lainnya. 

 

Kabid Logistik A