Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran di Simpang Bumi Ayu. Bantuan diterima langsung oleh Heri Sumantri, Ketua RT 06. RW 02. 

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Drs. Rusdi, M.Pd mengatakan bantuan untuk korban kebakaran di Simpang Bumi Ayu sudah disalurkan. Diharapkan bantuan dapat mengurangi sedikit beban dan bermanfaat bagi korban kebakaran. 

“Waktu saya dihubungi oleh warga setempat katanya membutuhkan pakaian dan makanan, saya langsung meminta bidang logistik  mempersiapkan bantuan apa yang dapat diberikan segera untuk korban kebakaran Bumi Ayu, dan Alhamdulillah bantuan sudah diberikan ke lokasi. Atas kebakaran ini kami keluarga besar  BPBD Provinsi mengucapkan turut berduka semoga korban kebakaran diberikan ketabahan dan musibah ini dapat segera berlalu,” ungkap Rusdi.

Sementara itu Kepala Bidang Logistik Aidil Fitriansyah, S.Psi, M.Si melalui Kasubbid Logistik Zukriadi, STP menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran pada Senin (1/7) pukul 17.00 WIB. Adapun bantuan yang diberikan berupa mie instan 12 dus, minyak goreng 1 dus, baju layak pakai 7 kantong.

“Pada prinsipnya BPBD bukan hanya untuk manangani bencana alam saja, karena bencana itu banyak macamnya dan salah satunya kebakaran. maka dari itu kita harus selalu siaga dengan kemampuan yang kita miliki semaksimal mungkin salah satunya memberikan bantuan untuk korban,” jelas Zukri. 

Untuk diketahui, kebakaran yang terjadi pada Sabtu (29/6) di Bumi Ayu ini menghanguskan 11 kios pedagang. Dengan kerugian diperkirakan mencapai Rp. 500 juta, dan tidak ada korban jiwa.