Dalam rangka Dalam rangka membentuk masyarakat sadar bencana Pra Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD) Provinsi Bengkulu gencar melaksanakan sosialisasi sadar bencana. Kali ini sosiasalisasi dilaksanakan di Aula Kelurahan Tangsi Baru, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, Rabu (24/7).

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu Drs. Rusdi, M.Pd  menyampaikan diharapkan masyarakat selalu siap dalam menghadapi bencana. Dukungan semua pihak dalam hal ini tokoh masyarakat, kaum ulama, pihak terkait penanggulangan bencana, pengusaha, dan masyarakat harus ikut turut serta dalam mitigasi bencana.

Dengan memahami mitigasi bencana, jumlah korban maupun wilayah terdampak dampat diminimalisir kerugian dan korban jiwanya. Mengingat wilayah Indonesia merupakan rawan bencana penerapan pembelajaran bencana sudah harus dimulai sejak dini.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah membentuk masyarakat mandiri dan tanggap bencana serta pengurangan risiko bencana. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai penguatan kapasitas masyarakat di Kepahiang,” ungkap Rusdi. 

Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Pelaksana BPBD Kepahiang, Camat Kabawetan, Lurah Tangsi Baru, dan Dosen UNIB. Peserta yang hadir yakni dari masyarakat, Mahasiswa Kerja Kuliah Nyata (KKN)  UNIB dan UMB.