Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD) gencar melaksanakan sosialisasi pembentukkan Desa Tangguh Bencana. Kabupaten Lebong termasuk wilayah rawan bencana longsor. Untuk itu Kabupaten lebong melaksanakan Kegiatan Pengembangan Model Kelembagaan Perlindungan Sosial Melalui Sosialisasi Pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) Tahun 2019 dengan tema Mari Kita Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Bencana di Kab. Lebong Tahun 2019.

Kepala Pelaksanakan BPBD Provinsi Bengkulu Drs. Rusdi, M.Pd hadir memberikan menjadi nara sumber pada acara tersebut menyampaikan bahwa pembentukkan Desa Tangguh Bencana sangat diperlukan mengingat semua wilayah saat ini menjadi daerah rawan bencana. 

“Kita berharap dengan destana ini mampu mengurangi resiko bencana, Selain itu ada juga upaya standarisasi bagi Destana sehingga masyarakat benar-benar menjadi masyarakat yang paham dan mengetahui apa yang harus mereka lakukan saat bencana terjadi,” ungkap Rusdi. 

Hadir dalam Kegiatan Pengembangan Model Kelembagaan Perlindungan Sosial Melalui Sosialisasi Pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) Tahun 2019 dihadiri oleh Sekda Kabupaten Lebong, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebong.

Adapun nara sumber yang memberikan materi yakni BMKG Provinsi Bengkulu, Camat se-Kabupaten Lebong, Kades di Kabupaten Lebong, Para Pendamping Desa dan peserta dari Dinas PMD Kabupaten Lebong.