Sosialisasi Mitigasi Bencana gencar dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu. Sebelumnya sosialisasi kebencanaan dilakukan di Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Lebong, kali ini tim BPBD kunjungi Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong.

Mitigasi bencana kali ini BPBD Provinsi Bengkulu memberikan sosialisasi kepada mahasiswa dari Universitas Bengkulu dan Institut Agama Islam Negeri Bengkulu yang sedang kerja kuliah nyata (KKN) di Desa Selupu Rejang.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Ir. Herry Maryadi, M.Si mengatakan, selain sosialisasi mitigasi bencana juga dilaksanakan pembentukkan relawan bencana yang siap dan tanggap jika terjadi bencana.

“Mitigasi bencana menjadi program penting di BPBD, dan memang harus terus dilakukan mengingat hampir semua wilayah saat ini rawan terhadap bencana, baik gempa, tsunami, banjir, longsor hingga kebakaran. Disinilah fungsi mitigasi bencana untuk mengurangi resiko akibat bencana salah satunya mengurangi jumlah  korban jiwa”, jelas Herry.

Mitigasi bencana ini akan dilakukan ke Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu, bekerjasama dengan BPBD Kabupaten/Kota dan instansi terkait seperti universitas dan lembaga masyarakat.

Untuk diketahui mitigasi bencana merupakan serangkaian upaya untuk mengurangi risiko, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.