Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu gencar sosialisasi Mitigasi Bencana. Kali ini BPBD Provinsi Bengkulu melaksanakan Workshop Persiapan Penerapan Sekolah/Madrasah Aman Bencana di Kabupaten Lebong, pada Selasa (20/8).

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu Drs. Rusdi Bakar M.Pd, menyampaikan materi pada kegiatan Workshop Persiapan Penerapan Sekolah Madrasah Aman Bencana (SMAB) di Kabupaten Lebong.

“Mitigasi bencana ini sangat penting, tujuannya mengurangi resiko saat terjadi bencana. Faktor terjadi bencana itu ada tiga, yakni faktor alam, faktor manusia dan sosial. untuk itu pengetahuan untuk menghadapi bencana mulai dari Pra Bencana, Saat Terjadi bencana dan setelah terjadi bencana. Untuk itu, mitigasi bencana ini harus terus disosialisasikan untuk semua kalangan (masyarakat, pelajar, mahasiswa,dll) ” jelas Rusdi. 

Sementara itu Kepala Sub Bidang Info Survey dan Pendataan, Arismanto menambahkan kegiatan Mitigasi Bencana setelah sosialisasi melalui workshop akan dilanjutkan dengan sosialisasi langsung ke sekolah-sekolah, kemudian tenaga pengajar hingga simaluasi bencana.

“Untuk di Lebong sekolah yang terpilih menjadi Sekolah/Madrasah Aman Bencana yakni SMKN 4 Kabupaten Lebong, selain penyampaian materi juga akan dilaksanakan simulasi untuk murid hingga pengajar,” ujar Arismanto.

Adapun Workshop Persiapan Penerapan Sekolah/Madrasah Aman Bencana di Kabupaten Lebong ini dilaksanakan di Aula BPBD Lebong, diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari OPD terkait, TNI, POlri, dengan nara sumber Kalaksa BPBD Provinsi dan Kalaksa BPBD Kabupaten Lebong.