Dalam rangka kesiapsiagaan bencana Provinsi Bengkulu, Polda Bengkulu bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu akan melaksanakan kerjasama kebencanaan. Hal ini ditandai dengan kedatangan Tim dari Polda Bengkulu ke kantor BPBD Provinsi, Rabu (4/9).

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu Drs. Rusdi Bakar, M.Pd mengatakan kerjasama kebencanaan bersama Polda merupakan bentuk kesiapsiagaan Provinsi Bengkulu untuk menghadapi bencana.

“Kerjasama Polda dan BPBD ini akan dilaksanakan bersama instansi terkait lain yang terkait kebencanaan. Kerjasama ini juga untuk membangun hubungan sinergitas penanggulangan bencana di Bengkulu,” ungkap Rusdi.¬†

Kepala Bidang Pra Bencana BPBD Provinsi Bengkulu, Ir. Syamsuddin Syukur, M.Si menjelaskan adapun kegiatan kerjasama kebencanaan Polda-BPBD akan ada penyusunan Rencana Kontingensi (Renkon) untuk bencana gempa/tsunami, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan bencana banjir dan longsor.

“Ini akan dilanjutkan dengan rapat teknis oleh Polda Bengkulu, untuk BPBD akan segera berkoordinasi dengan Stakeholder terkait untuk kerjasama kebencanaan ini,” jelas Syamsuddin.¬†

Untuk diketahui, rencana kontingensi adalah proses mempersiapkan organisasi untuk merespon peristiwa yang tidak direncanakan.