Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu bersama Korem 041/Gamas akan segera mempersiapkan program-program untuk menghadapi kebencanaa. Hal ini disampaikan pada saat tim dari Korem 041/Gamas melakukan rapat evaluasi kebencanaan di BPBD Provinsi Bengkulu, Kamis (5/9).

Dalam pertemuan tersebut Kasrem 041/Gamas Letkol Arh Fatkhurrahman, S.I.P yang mewakili Damrem 041/Gamas Kolonel Inf. Dwi Wahyudi, S.AN, MM, menyampaikan, untuk menghadapi kebencanaan diperlukan program sehingga semua pihak siap saat menghadapi bencana.

“Danrem (Kolonel Inf. Dwi Wahyudi-red) sangat konsen dengan masalah-masalah kebencanaan. Untuk itu selain melakukan evaluasi kebencanaan kami (Korem-red) sedang merampungkan Pos Kebencanaan, bahkan telah disusun rencana pelatihan sehingga jika terjadi bencana kita dapat tau apa yang harus dilakukan,” jelas Letkol Arh Fatkhurrahman.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Drs. Rusdi Bakar, M.Pd mengatakan, pertemuan ini merupakan pertemuan awal bentuk koordinasi pasca bencana dan akan ada penyusunan program persiapan menghadapi bencana.

Rusdi menambahkan, hasil dari pertemuan nantinya akan terbentuk sebuah petunjuk teknis menghadapi bencana. 

“Pertemuan ini akan dilakukan secara periodik. Kita (BPBD) sudah menjadwalkan untuk silaturahmi ke instansi dan stakeholder terkait kebencanaan untuk berkoordinasi diantaranya kita akan bertemu Danrem, Kapolda, Basarnas serta instansi kebencanaan lainnya,” jelas Rusdi.

Dalam pertemuan ini juga dihadiri dari Kementerian PUPR, dari BPBD Provinsi Bengkulu juga hadir Sekretaris BPBD, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Kepala Bidang Logistik, Kepala Bidang Pra Bencana dan Kepala Bidang Tanggap Darurat.