Dalam rangka Bulan Peringatan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) 11-13 Oktober 2019 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Bengkulu menanam jeruk kalamansi di Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu Drs. Rusdi Bakar, M.Pd mengatakan penanaman ini merupakan rangkaian kegitan PRB gerakan tanam pohon yang saat ini menjadi program penting untuk menjaga dan melindungi alam.

“Kalamansi menjadi wakil tanaman Bengkulu yang kita tanam di Desa Nibung bertepatan di lokasi pariwisata Danau Biru sebanyak 10 batang, dan sirup kalamansi siap minum juga diserahkan sebagai buah tangan untuk Kepala Desa Nibung,” ungkap Rusdi.

Sementara itu, dalam sambutannya Rusdi Bakar berharap jeruk kalamansi dapat hidup dan tumbuh di Desa Nibung bahkan dikembangkan juga di daerah lain.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penyambutan tim BPBD Provinsi Bengkulu oleh Kepala Desa Nibung beserta aparat dan warga desa yang sangat luar biasa. Semoga dengan adanya jeruk kalamansi dapat menjadi daya tarik tersendiri di Desa Nibung,” ungkap Rusdi.

Sementara itu Kepala Desa Nibung, Rizal,SE menyambut baik penanaman jeruk kamansi di desa tersebut mengingat Nibung menjadi salah satu daerah kunjungan wisata di Kabupaten Bangka Tengah.

“Dengan adanya tanaman jeruk kalamansi di Danau Biru ini akan menambah daya tarik tersendiri pengunjung,” ungkap Rizal.

Untuk diketahui tanaman Jeruk Kalamansi ini ditanam secara simbolis oleh Kalak BPBD Provinsi Bengkulu, Kepala Desa Nibung, wakil kepolian setempat, wakil TNi dan Anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung. Penanamn dilakukan tepat di dekat pintu masuk Danau Biru.

Kedatangan tim BPBD Provinsi Bengkulu ini disambut dengan Tari Sekapursirih dan dijamu dengan makan khas Bangka Belitung.

Kedatangan

Adapun /