Sesuai perintah Gubernur Bengkulu DR. H. Rohidin Mersyah sebagi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi, Penyemprotan Disinfektan kembali dilakukan oleh BPBD Provinsi Bengkulu sebagai Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu Jumat (29/5) Pagi. Kali ini tim melakukan penyemprotan dimulai dari Simpang Masjid Jamik menuju Kampung Bali- Sukamerindu dan finish di depan Masjid Ruhul Islam Jalan Sumatera Bengkulu Simpang Sukamerindu, Kota Bengkulu.

Ka. Subbid Tanggap Darurat BPBD Provinsi Bengkulu Cevy, S.Pd ikut mengarahkan titik penyemprotan kepada tim

Ikut dalam tim penyemprotan Ka. Subbid Tanggap Darurat BPBD Provinsi Bengkulu, Cevy, S.Pd mengatakan penyemprotan Disinfektan difokuskan untuk fasilitas umum atau pertokoan yang banyak digunakan masyarakat.

“Seperti di pertokoan dan ATM kita semprot gagang pintu masuknya, masjid sebagai fasilitas umum, angkutan umum, PO Bus atau travel dan sebagian lagi rumah warga yang sengaja meminta bagian dalam rumahnya disemprot juga kita semprot,” jelas Cevy.

Penyemprotan Disinfektan di kawasan Kampung Bali ini tim penyemprotan memfokuskan ke PO. Bus dan jasa travel yang berada di sepanjang jalan, kemudian bagian depan pertokoan terutama gagang pintu dan meja kursi pelanggan, Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sebagai fasilitas umum juga tak luput jadi penyemprotan. Bukan hanya itu, masjid, gerbang sekolah juga menjadi sasaran penyemprotan.

Berlanjut ke simpang Kampung Bali, terdapat SPBU Kampung Bali yang juga menyediakan fasilitas Mushola untuk umum tak luput menjadi titik penyemprotan, berjalan menuju kawasan Sukamerindu penyemprotan juga dilakukan di pertokoan, bagian depan Rumah Makan, halte, bahkan tak jarang angkutan umum yang melintas meminta untuk disemprot, ada juga warga ada yang meminta bagian dalam rumahnya disemprot Disinfektan karena pasca kumpul keluarga.

Tim Penyemprotan Disinfektan ini dibagi menjadi dua, tim pertama melakukan penyemprotan sebelah kiri jalan dengan menggunakan mobil double cabin, tim kedua menyeprot disinfektan di sepanjang jalan sebelah kanan menggunakan Tangki Sprayer Elektrik.

Menggunakan Tangki Sprayer Elektrik penyemprotan disinfektan di SPBU Kampung Bali

“Penyemprotan Disinfektan ini merupakan upaya pencegahan penularan Virus Corona/Covid-19 terutama pada tempat-tempat umum, fasilitas umum seperti pertokoan dan masjid. Namun pencegahan yang utama berasal dari diri kita masing-masing dengan tetap menjaga kesehatan, pola hidup sehat, pakai masker saat keluar rumah,” ungkap Cevy yang juga merupakan koordinator tim penyemprotan disinfektan Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu.

Penyemprotan Disinfektan ini juga dibantu oleh Petugas Piket Posko Gugus Tugas Provinsi yang berasal dari beberapa instansi diantaranya Korem 041 Gamas, Polda Bengkulu, Satpol PP Provinsi Bengkulu,, Dinas Kesehatan dan Dinas Komunikasi dan Statistik Provinsi Bengkulu.

Mobil bekas Travel Tanjung Indah juga dilakukan penyemprotan