Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Bengkulu melakukan pengecekkan jalan rawan longsor di Kabupaten Bengkulu Selatan-Kabupaten Kaur pada 30-31 Mei 2020.

Salah satu ruas jalan yang rawan longsor

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu Drs. Rusdi Bakar, M.Pd mengatakan, pengecekkan jalan ini merupakan upaya dalam siaga menghadapi cuaca ekstrem yang terjadi saat ini.

“Sesuai Instruksi Gubernur Bengkulu, BPBD bersama Bina Marga PUPR meninjau ruas jalan rawan longsor, terutama Jalan Seginim di Kabupaten Bengkulu Selatan menuju Batu Ampar Kedurang yang mengalami longsor tahun 2019 lalu ternyata sudah dilakukan perbaikan oleh TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa),” ungkap Rusdi

Tim BPBD Provinsi Bengkulu bersama PUPR Provinsi TNI dan instansi terkait melakukan pengecekkan jalan rawan longsor

Pengecekkan ruas jalan berlanjut menuju Kabupaten Kaur. Beberapa titik jalan rawan longsor juga dilakukan pengecekkan. Fokus utama tim BPBD dan PUPR pada Jalan Tanjung Iman Menuju Muara Saung, pasalnya ruas jalan ini mengalami longsor pada tahun 2019 lalu.

“Pada tahun 2019 saat bajir besar melanda Provinsi Bengkulu beberapa titik di Jalan Tanjung Iman memgalami longsor, Alhamdulilllah sudah diperbaiki oleh PUPR Provinsi,” jelas Rusdi.

Berdasarkan pemantaun BMKG, diperkirakan cuaca ekstrem akan terjadi di beberapa wilayah di Provinsi Bengkulu, untuk itu BPBD mengimbau agar masyarakat waspada.

“Untuk menghadapi cuaca ekstrem di Provinsi Bengkulu kita harus waspada, terutama sebagian besar wilayah kita rawan longsor,” imbau Rusdi. (Spt)