Bersama Ulama, Kapolda Tinjau Lokasi Vaksinasi

Upaya pencegahan dan juga penanganan pandemi Covid 19 hingga kini terus dilakukan. Salah satunya dengan melakukan vaksinasi Covid-19 secara gratis.

Kali ini vaksin serentak gratis kembali dilakukan sinergitas antara Polri bersama Staf Khusus Presiden RI. Untuk itu Kapolda Bengkulu Irjen Pol. Drs. Guntur Setyanto, M.Si, membuka secara resmi kegiatan vaksinasi yang diberi nama Vaksinasi Merdeka di Pondok Pesantren Pancasila, Kota Bengkulu pada Selasa pagi (7/9).

Kegiatan vaksinasi ini serentak dilakukan di 8 lokasi berbeda selama 2 hari, yakni 6 sampai 7 September 2021. Adapun 8 lokasi vaksinasi yakni di Pondok Pesantren Pancasila, Pondok Pesantren Darussalam, Pondok Pesantren Jaal Haq, Pondok Pesantren Hidayatul Qomariah, Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin, Masjid At Taqwa, Gereja ST Yohanes dan Universitas Bengkulu. Khusus di Pesantren Pancasila sebanyak 500 dosis vaksi yang disediakan.

Dalam sambutannya Kapolda mengatakan, penanganan pandemi Covid-19 ini juga harus bersama ulama untuk peningkatan kekuatan tubuh dari segi spiritual keagamaan.

“Penanganan Covid-19 harus melibatkan banyak pihak, Pemerintah sudah menjalankan perannya salah satunya mengobati pasien Covid-19 dengan menyediakan Rumah Sakit khusus Covid-19, menyediakan vaksin gratis, untuk itu ulama juga harus dilibatkan untuk mengobati psikis pasien yang down akibat terkena Covid dan merasa tidak ada harapan hidup sehat lagi, hingga menjadi bersemangat dengan begitu penyembuhan akan semakin cepat,” ungkap Kapolda.

Sementara itu, Dalam upaya mendukung suksesnya vaksinasi nasional, Polda juga menggandeng 7 perguruan tinggi di Bengkulu untuk bersama-sama mensukseskan vaksinasi di Bengkulu. Kersajama ini dalam bentuk dukungan tenaga kesehatan dari kampus-kampus yang telah terjalin kerjasama.

“Targetnya, 75 persen dari jumlah pendududuk di Bengkulu tervaksin, dengan target harian sebanyak 17 ribu masyarakat yang divaksin,” tegas Kapolda.

Vaksinasi ini dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia termasuk di wilayah Provinsi Bengkulu. Bagi masyarakat yang berminat mengikuti kegiatan vaksinasi, diharapkan membawa fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK) sebagai syarat pendaftaran. Sebelum vaksin dilakukan nantinya dilakukan screening awal oleh panitia, seperti pemeriksaan tekanan darah, serta pemeriksaan jika ada penyakit lain.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu, Drs. Rusdi, M.pd yang ikut mendampingi Kapolda saat acara pembukaan Vaksinasi Selain itu, mengingatkan vaksinasi Covid 19 ini upaya dari pemerintah mencegah masyarakat terserang Covid-19. Dengan cara meningkatkan imunitas tubuh masyarakat ditengah pandemi sehingga diharapkan dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu.

“Selain ikut vaksinasi masyarakat juga tetap terus taat menerapkan protokol kesehatan (Prokes) agar kasus positif harian Covid 19 tidak kembali naik,” ungkap Rusdi.

Tinggalkan Balasan