Berita

Pelaksanaan Uji Publik Prosedur Tetap Tim Reaksi Cepat BPBD Provinsi Bengkulu

Pada Selasa, 19 Desember 2017, telah dilaksanakan Kegiatan Uji Publik Prosedur Tetap (Protap) Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu. Pelaksanan kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Provinsi Bengkulu, para pejabat Instansi lintas sektor, organisasi masyarakat , praktisi dan akdemisi pendidikan.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Rapat Koordinasi Protap TRC yang telah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 28 November 2017 terkait Protap TRC yang telah disusun oleh Tim Tenaga Ahli yang berjumlah 3 orang, yaitu Husni Mahyudin, BE, S.Sos (Tenaga Ahli Kebencanaan), Dr. M. Farid, M.S (Tenaga Ahli Akademisi) dan Jhoni Saptra, S.P, M.Si (Tenaga Ahli Masyarakat Profesional). Tahapan selajutnya adalah kegiatan uji publik protap TRC yang dilaksanakan di Raffles City Hotel ini.

Acara diawali dengan penyampaian sambutan penyelenggaraan kegiatan oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu Bapak Dr. Soemarno, M.Pd dan kemudian dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu yang baru dilantik, yaitu Bapak Nopian Andusti, S.E, M.T .

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu selaku Kepala Ex. Officio BPBD Provinsi Bengkulu menyampaikan pentingnya Protap TRC untuk menjadi panduan yang konkret dan efektif dalam penugasan tim penanggulangan bencana dilapangan. Dimana dalam hal ini Tim Reaksi Cepat BPBD Provinsi Bengkulu sebagai petugas kaji cepat pada saat kejadian bencana harus memilki prosedur dan tahapan yang jelas agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan efisien sehingga upaya penanggulangan dan pertolongan korban bencana dapat dilaksanakan dengan maksimal untuk mengurangi dampak dan kerugian akibat bencana.

Dalam sambutannya beliau juga berpesan agar Prosedur Tetap Tim Reaksi Cepat yang telah disahkan oleh Gubernur Bengkulu nantinya dapat dipraktekkan langsung oleh Tim Reaksi Cepat yang berkompeten, dalam bentuk simulasi prosedur tetap TRC mencakup tahapan dari awal hingga akhir penugasan dan ditarik kembali ke instansi asal.

Setelah dibuka secara resmi acara kemudian dilanjutkan dengan materi kaji cepat Tim Reaksi Cepat yang disampaikan oleh Kepala Bidang Tanggap Darurat BPBD Provinsi Bengkulu, yaitu Bapak Dr. Syamsuddin dan materi terkait Perka BNPB Nomor 9 Tahun 2008 tentang Protap TRC BNPB oleh Sudirman, S.Sos yang menjabat selaku kepala Bidang Pra Bencana BPBD Provinsi Bengkulu. Setelah penyampaian materi  kemudian dilanjutkan dengan acara inti , yaitu Uji Materi Protap TRC yang dipimpin langsung oleh Tim Tenaga Ahli.

Draft Protap TRC ditayangkan dan dibagikan pada setiap peserta Uji Publik untuk di telaah bersama 30 peserta uji publik yang telah hadir. Protap TRC tersebut banyak mendapatkan masukan dan saran tambahan terutama yang berkaitan dengan keanggotaan dan pembiayaan Tim Reaksi Cepat. Semua saran dan masukan diketik untuk menjadi evaluasi dalam penyempurnaan Prosedur Tetap Tim Reaksi Cepat BPBD Provinsi Bengkulu.

Acara ditutup pada pukul 16.00 WIB oleh sekretaris BPBD Provinsi Bengkulu. Beliau menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas kehadiran serta pertisipasi aktif dari semua peserta uji publik pada saat pembahasan draft Protap TRC.

 

Author: Latifah Bahar

Previous ArticleNext Article