Percepatan Rehabilitasi Rekonstruksi Pasca Bansor 2019, BNPB Verifikasi Kabupaten Terdampak

Dalam rangka verifikasi pasca bencana banjir dan longsor pada 26 April 2019 lalu, Tim Dari Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) RI melakukan pengecekkan kabupaten terdampak banjir longsor di Provinsi Bengkulu Selasa (23/6). Untuk pengecekkan kali ini dilakukan di Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu Selatan dan Kaur.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Drs. Rusdi Bakar, M.Pd menjelaskan jika verifikasi sekaligus monitoring evaluasi saat ini merupakan tahap kedua, sebelumnya monitoring juga telah dilakukan oleh tim BNPB RI untuk kabupaten/kota terdampak banjir dan longsor.

“Kita akan mendampingi tim BNPB RI untuk melakukan verifikasi ke lapangan sesuai dengan proposal penanganan banjir longsor yang diajukan oleh kabupaten/kota terdampak beberapa waktu lalu, sehingga dapat disetujui oleh pemerintah pusat,” jelas Rusdi.

Verifikasi yang dilakukan oleh tim dari Rehabilitasi Rekonstruksi BNPB RI ini didampingi oleh Tim dari BPBD Provinsi, BPBD Kabupaten/Kota dan PUPR Provinsi.

Koordinator Verifikasi dari BNPBD RI, Savera, ST menyampaikan tujuan kedatangan tim tersebut yakni melakukan verifikasi terkait proposal pengajuan kabupaten/kota untuk bencana banjir dan longsor 2019 lalu di Bengkulu.

Savera menambahkan, adapun tujuan Tim BNPB yakni melakukan verifikasi lapangan terkait proposal usulan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana banjir longsor tahun lalu yang disampaikan oleh kabupaten terdampak.

“Kami akan mengecek kesesuaian antara usulan yang diajukan dengan kondisi riil di lapangan termasuk kewenangan penanganannya, hasil verifikasi ini nanti sebagai bahan pertimbangan pemerintah pusat untuk memberikan bantuan berupa hibah pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk pendanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana,” jelas Savera.

Adapun pertemuan ini dilakukan di kantor BPBD Provinsi Bengkulu Selasa (23/6), dihadiri oleh Kabid Rehabilitasi Rekonstruksi BPBD Provinsi Bengkulu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten/Kota Provinsi Bengkulu, dari PUPR Provinsi dan tim terkait lainnya.

Tinggalkan Balasan