Untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) di lingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaksanakan pelatihan Pemantapan Kapasitas Petugas Pengelolaan Pergudangan Logistik dan Peralatan dengan tema “Kita Tingkatkan Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Unggul”.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu, Drs. Rusdi Bakar, M.Pd saat membuka pelatihan, mengatakan logistik dan peralatan merupakan bagian penting untuk mendukung penanggulangan bencana. Untuk melancarkan tugas tersebut harus didukung dengn SDM yang memadai pula.

“Belajar dari pengalaman banjir dan longsor 26 April lalu, pemantapan SDM untuk pengelolaan logistik dan peralatan ini memang sangat penting, agar saat bencana tiba pengelolaan logistik dan penggunaan peralatan dapat maksimal. SDM ini juga untuk mewujudkan sistem manajemen logistik dan peralatan yang baik. Khusus di bidang logistik dan peralatan, penurunan Indeks Risiko Bencana dilakukan dengan dukungan logistik dan peralatan penanggulangan bencana yang memadai untuk kesiapsiagaan dan penanganan darurat sesuai standar minimal. Ini harus didukung dengan SDM yang memadai,” jelas Rusdi.

Sementara itu, Ketua Panitia Hendra Gunawan menyampaikan peserta yang mengikuti pelatihan pemantapan logistik dan petalatan ini sebanyak 40 orang terdiri dari BPBD Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu. Adapun narasumber yang akan memberikan materi berasal dari BNPB RI, BPBD Provinsi Bengkulu.

“Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 hari, dengan pemateri dari BNPB RI dan BPBD Provinsi Bengkulu. Dengan tujuan kegiatan untuk meningkatkan SDM dalam pengelolaan logistik dan peralatan,” jelas Hendra.