Peduli Gempa Maluku, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu bersama BPBD Kabupaten/Kota memberikan bantuan Rp. 10 juta untuk membantu korban gempa Maluku yang terjadi sejak Kamis (26/9). Sumbangan ini disampaikan pada Pembukaan Rakornas Forum PRB di Provinsi Bangka Belitung pada 13 Oktober 2019.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu, Drs. Rusdi Bakar, M.Pd menyampaikan Rp. 10 juta tersebut merupakan sumbangan dari BPBD Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu. “Dana bantuan yang telah terkumpul Rp. 10 juta, nantinya akan dikirim melalui rekening BPBD Provinsi Maluku,” ungkap Rusdi.

Kegiatan Penggalangan dana Peduli Gempa maluku pada Pembukaan Rakornas Forum PRB ini dihadiri oleh Kepala BNPB RI letjend. Doni Monardo, Gubernur Bangka Belitung H. Erzaldi Rusman, MM, BUMN, Perusahaan Swasta, BPBD se-Indonesia dan undangan lainnya.

Penggalangan dana Peduli Gempa Maluku ini melalui lelang foto dan poster kegiatan kebencanaan yang dipajang pada pameran PRB di Bangka Belitung. Terdapat 11 foto yang dilelang dan Bengkulu ikut lelang pada foto no 11 dengan menyumbang Rp. 10 juta. Adapun total dana yang terkumpul pada malam penggalangan dana tersebut Rp. 1,9 miliar.

Penggalangan dana ini merupakan rangkaian dari Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Nasional di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 11-15 Oktober 2019. BPBD Provinsi Bengkulu juga mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang diselenggaran tuan rumah, diantaranya berpartisipasi pada kegiatan penanaman pohon.

BPBD Provinsi Bengkulu menanam Jeruk Kalamansi di Daerah Pariwisata Danau Biru, Kecamatan Koba, Desa Nibung, Kabupaten Bangka Tengah. Pada kegiatan ini kedatangan tim BPBD Bengkulu disambut langsung oleh Kepala Desa Nibung dan aparat desa setempat dengan tarian sambutan.

“Kami sangat berterimakasih atas penyambutan yang diberikan oleh Desa Nibung, diharapkan dengan adanya Jeruk Kalamansi di lokasi wisata Danau Biru ini menambah daya tarik tersendiri. Karena jika berkembang dan berbuah dapat dimanfaatkan untuk minuman ataupun penyedap masakan,” jelas Rusdi.

Atas kedatangan BPBD Bengkulu ini, Kepala Desa Nibung Rizal, SE menyampaikan jika Jeruk Kalamansi dari Bengkulu akan menjadi pemandangan baru wisatawan yang datang ke Danau Biru, Desa Nibung. “Sebelumnya lokasi ini hanya ada tanaman dedaunan saja, dengan adanya tanaman jeruk kalamansi ini nantinya akan lebih mempercantik Danau Biru ,” ungkap Rizal. 

//Letjend Doni: Pemerintah Daerah Harus Mendukung Kegiatan BPBD

Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) tahun 2019 ini dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dihadiri langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI Letjend Beni Monardo. Pada kesempatan tersebut beliau mengimbau agar pemerintah daerah memberikan dukungan penuh kepada BPBD Provinsi dan Kabupaten seluruh Indonesia.

“Kebencanaan saat ini menjadi bagian penting di seluruh dunia termasuk Indonesia. Untuk itu pemerintah daerah harus memberikan dukungan terkait kegiatan penanggulangan bencana. Karena bencana tidak dapat diprediksi, untuk itu kerjasama dan dukungan pemerintah daerah akan membantu pengurangan risiko bencana,” ungkap Letjend Doni Monardo dalam sambutan pembukaan PRB di Bangka Belitung.

Adapun kegiatan yang diikuti saat menghadiri PRB di Bangka Belitung, yakni penanaman pohon, pertemuan dengan komunitas, ramah tamah dan makan malam di Rumah Dinas Gubernur Bangka Belitung, pembukaan Rakornas PRB dan penggalangan dana Peduli Gempa Maluku, Deklarasi 34 Provinsi pada saat pembukaan acara PRB. Selain itu, Maluku ditetapkan sebagai tuan rumah PRB pada tahun 2020.