Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Bengkulu akan menjalin kerjasama terkait kegiatan penaggulangan kebencanaan. Hal ini disampaikan pada saat kunjungan ACT ke BPBD Provinsi pada Kamis (17/10).

Kepala Pelaksana Harian BPBD Provinsi, Drs. Rusdi Bakar, M.Pd menyambut baik kerjasama dari ACT untuk menghadapi bencana. Banyak program-rogram kemanusiaan yang disampaikan oleh ACT dinilai sangat membantu pemerintah terutama saat menghadapi bencana.

“Karena untuk kebencanaan kita memang harus bekerjasama dengan organiasasi dan komunitas salah satunya ACT,” ungkap Rusdi.

Sementara itu, Ketua ACT Bengkulu Dedi Wahyudi menyampaikan beberapa program kegiatan ACT untuk kemanusiaan, diantaranya memfasilitasi penggalangan bantuan untuk korban bencana, dan menyalurkan bantuan kepada korban bencana.

“Jika terjadi bencana CAT bersama rekan (perusahaan, komunitas, dll) siap untuk menyalurkan tenaga dan bantuan materi kepada korban bencana. Sedangkan untuk jangka panjang kita juga memiliki beberapa program salah satunya pembangunan sumur bor untuk masyarakat yang membutuhkan air bersih,” jelas Dedi.

Aksi Cepat Tanggap (ACT) adalah organisasi nirlaba profesional yang memfokuskan kerja-kerja kemanusiaan pada penanggulangan bencana mulai fase darurat sampai dengan fase pemulihan pasca-bencana.

ACT selalu hadir dalam bencana, baik fase darurat (emergency) maupun fase pemulihan (recovery) dengan menggulirkan berbagai program. Program-program yang didedikasikan antara lain Program Emergency Rescue, Program Emergency Relief, Program Emergency Medic dan Program Recovery Fisik, Recovery Ekonomi dan Recovery Sosial. Aksi kemanusiaan yang dilakukan berorientasi amal (charity) dengan memberdayakan sumberdaya lokal (local sources).