Kegiatan Pengembangan Dan Peningkatan Kapasitas Tim Reaksi Cepat Provinsi Bengkulu

Published by Tim Publikasi on

Kondisi geografis Bengkulu dan tingginya potensi bencana yang ada mengharuskan kesiapan Provinsi Bengkulu untuk Tangguh menghadapi bencana, dalam rangka meningkatkan kapasitas tim lapangan yang terampil dan mahir dalam melakukan pendataan dampak dari bencana yang terjadi maka BPBD Provinsi Bengkulu sebagai leading sector penanganan bencana telah mengadakan pelatihan Pengembangan Kapasitas Tim Reaksi Cepat (TRC) Bencana Provinsi Bengkulu yang diadakan di Hotel Nala Sea Side 22 – 24 Agustus 2022.

Pelatihan ini terdiri dari 30 peserta dari BPBD Kabupaten/Kota dan Provinsi Bengkulu dengan narasumber yang berasal dari Korem 041 Gamas, Basarnas Bengkulu, BPBD Provinsi Bengkulu dan Forum Pengurangan Risiko Bencana.

Dalam pembelajarannya memuat dua metode pembelajaran, yaitu teori dalam ruangan dan Latihan/gladi lapangan. secara teori peserta dibekali materi tentang kebijakan penanggulangan bencana, SOP tanggap darurat dan cara melakukan keji cepat sehingga pada saat dilakukan gladi lapangan peserta telah memiliki gambaran dan dapat mengaplikasikan sistem Kaji Cepat yang harus dilakukan seorang petuga Tim Reaksi Cepat di lokasi kejadian bencana.

Dengan dilakukannya pelatihan ini diharapkan peserta mampu menghimpun, mengolah dan menyajikan data kejadian bencana dengan lebih terorganisir dan sistematis.

#salamtangguh #salamkemanusiaan

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

seventeen − 15 =